Setor Tunai BRI di ATM Terdekat Mudah dan Praktis

gabutan.com – Setor tunai BRI di ATM terdekat caranya sangat mudah dan praktis. Jika ingin menyetorkan uang ke rekening bank, kita nggak perlu repot-repot lagi ngantre di cabang BRI pada hari kerja.

Perkembangan teknologi memberi dampak positif di bidang perbankan. Nasabah dipermudah dengan adanya layanan setor tunai melalui ATM, terutama Bank Rakyat Indonesia (BRI). Dengan kata lain, layanan setor uang atau menabung dapat dilakukan melalui mesin teler otomatis alias ATM lho.

ATM (Automatic Teller Machine) umumnya digunakan untuk melakukan penarikan uang (withdraw). Kini bank BRI menyediakan ATM untuk melakukan setor tunai.

Sebelum menyimak langkah-langkah melakukan setor tunai di ATM BRI terdekat, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan.

  • Tidak semua ATM BRI menyediakan setor tunai. Sebelum melakukan transaksi, cek dulu di mesin ATM tersebut apakah ada keterangan setor tunai atau tidak.
  • ATM Setor Tunai tidak menerima uang pecahan Rp 1.000, Rp 2.000, Rp 5.000, Rp 10.000 serta Rp 20.000.
  • Mesin Setor Tunai hanya menerima uang pecahan Rp 50.000 dan Rp 100.000.
  • Mesin Setor Tunai menerima uang dalam keadaan baik, artinya tidak rusak, tidak sobek, tidak terlipat, tidak berisi karet, klip, staples, atau benda logam lainnya.

Setor tunai dapat dilakukan kapanpun serta jam berapapun, termasuk hari libur. Selain itu, waktu yang dibutuhkan untuk setor uang tergolong sangat cepat, hanya sekitar 5 menitan, jika nggak ada antrean panjang ya.

Sebagai nasabah BRI, kamu tidak perlu mengunjungi kantor cabang bank BRI terdekat untuk melakukan setor tunai. Kamu bisa melakukan setor uang melalui ATM BRI hari apapun serta jam berapapun, termasuk hari libur.

Berikut ini 6 langkah mudah dan praktis melakukan setor tunai di ATM BRI terdekat tempat tinggalmu.

LANGKAH 1 SETOR TUNAI BRI DI ATM TERDEKAT

Pertama-tama, masukan kartu debit sesuai dengan prosedur di mesin ATM BRI Setor Tunai.

Pada langkah ini, kamu perlu memastikan posisi kartu debit benar serta tidak terbalik. Apabila posisi kartu debit tidak benar atau terbalik, maka transaksi tidak dapat diproses oleh mesin tersebut.

LANGKAH 2 SETOR TUNAI BRI DI ATM TERDEKAT

Selanjutnya pilih bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar.

Kemudian masukkan 6 digit Personal Identification Number atau disingkat PIN.

Masukkan PIN dengan benar ya. Apabila terjadi kesalahan dalam memasukkan PIN sebanyak tiga kali, maka kartu debit akan terblokir. Pastikan kamu memasukkan 6 digit PIN dengan benar.

LANGKAH 3 SETOR TUNAI BRI DI ATM TERDEKAT

Langkah berikutnya adalah memilih menu “Setoran Tunai”.

Setelah memilih menu “Setoran Tunai”, maka klik “Lanjutkan” untuk melakukan langkah berikutnya yaitu memasukkan uang ke dalam kotak setor yang telah tersedia.

Kamu hanya bisa memasukkan uang tunai dalam bentuk pecahan 50 ribuan rupiah dan 100 ribuan rupiah. Pastikan uang yang akan disetorkan dalam keadaan baik, tidak rusak, tidak terlipat serta tidak sobek.

LANGKAH 4 SETOR TUNAI BRI DI ATM TERDEKAT

Setelah uang masuk ke dalam box setor tunai, maka mesin ATM BRI akan menghitung jumlah uang yang disetorkan.

Setelah selesai menghitung, layar mesin Setoran Tunai BRI akan menampilkan jumlah uang yang disetorkan. Pastikan jumlah uangmu benar ya gabuters.

Apabila uang tidak dalam keadaan baik, maka box setoran akan terbuka otomatis berisi uang yang ditolak oleh mesin ATM BRI Setoran Tunai. Lalu muncul di layar jumlah uang yang dinyatakan diterima.

LANGKAH 5 SETOR TUNAI BRI DI ATM TERDEKAT

Setelah jumlah uang pas, maka langkah berikutnya untuk setor uang di mesin BRI adalah memilih menu “Setor” untuk menyetorkan uang ke rekeningmu. Transaksi setor uang akan diproses oleh mesin ATM. Tunggu beberapa saat. Jika setoran tunai berhasil maka mesin akan mengeluarkan struk bukti transaksi setoran tunai.

LANGKAH 6 SETORAN TUNAI BRI DI ATM TERDEKAT

Langkah terakhir adalah mengakhiri transaksi setor tunai dengan memilih menu “Tidak” jika tidak ada transaksi lain yang ingin dilakukan. Kemudian ambil kartu debit ya. Ini hal terpenting, supaya kartu debit tidak ketinggalan di mesin ATM BRI.

Selain langkah melakukan setoran tunai, berikut ini ada beberapa tips aman bertransaksi menggunakan ATM BRI Setoran Tunai.

TIPS AMAN SETOR UANG DI ATM BRI TERDEKAT

  • Pastikan lokasi mesin ATM aman, tertutup serta ada penjagaan dari petugas keamanan. Hal ini dapat mencegah adanya penipuan atau fraud oleh sejumlah pihak yang tidak bertanggung jawab.
  • Pastikan mesin dalam kondisi aman. Caranya mengetahui keamanan mesin setor tunai dengan memperhatikan fisik mesin tersebut. Perhatikan mulut untuk memasukkan kartu debit, pastikan tidak ada tambahan alat apapun untuk menghindari praktik skimming atau duplikasi kartu debit. Apabila kamu merasa ragu dengan keamanan mesin tersebut, lebih baik mencari mesin setoran tunai BRI terdekat lainnya untuk melakukan setoran tunai.
  • Perhatikan keypad pada mesin. Pastikan tidak ada tambahan kamera dekat keypad serta benda-benda kecil lain di sekitar keypad.
  • Saat memasukkan 6 digit PIN, tutuplah sekitar keypad agar kerahasiaan PIN-mu terjaga. Jangan sampai ada orang melihat 6 digit PIN saat bertransaksi ya.
  • Untuk memastikan mesin tidak ada skimmer atau alat duplikasi kartu, maka goyang-goyangkan dengan perlahan mulut ATM serta penutup keypad. Mesin yang aman, akan terasa kokoh. Jika tidak kokoh, maka cari ATM lain ya gabuters.
  • Gantilah PIN atau Password secara berkala ya. Demi keamanan uang yang kamu miliki di rekening BRI maka gantilah PIN atau Password secara berkala, misalnya setahun atau dua tahun sekali.

***

Nah, itulah 6 langkah praktis serta mudah melakukan setor tunai di ATM BRI terdekat. Ada juga tips aman melakukan penyetoran tunai BRI. Pastikan kamu aman saat bertransaksi ya.

Akhir kata, salam gabut!

Leave a Comment