Dewa Kipas Viral Menghebohkan Dunia Percaturan Indonesia???

gabutan.com – Bagaimana Dewa Kipas bisa menghebohkan dunia percaturan Indonesia? Siapa itu Dewa Kipas dan mengapa berita Dewa_Kipas viral bahkan pertandingan catur sampai trending #1 di Youtube Indonesia?

Tanggal 23 Maret 2021 Video Deddy Corbuzier yang berjudul “DEWA KIPAS VS GM IRENE SUKANDAR” sedang nangkring di urutan pertama trending Youtube Indonesia. Sekarang pukul 15:09 Wita, video tersebut streaming 21 jam yang lalu dan sampai detik ini sudah mendapatkan 8,089,957 views. Wow!

Kalau gabuters belum tahu beritanya tentu akan bertanya-tanya, mengapa video Dewa_Kipas bertanding catur dengan Irene Sukandar bisa menjadi trending? Siapa itu Dewa Kipas? Mengapa berita Dewa_Kipas viral di mana-mana? Siapa itu Irene Sukandar? Mengapa Deddy Corbuzier sampai mengundang mereka untuk melakukan pertandingan persahabatan?

Gabuters, kita akan membahasnya tuntas di sini supaya kalian memiliki gambaran mengapa Dewa_Kipas bisa viral bahkan hal ini sampai berhubungan dengan pemain catur Internasional. Ulala!

Siapa itu Dewa Kipas?

Dewa Kipas adalah nama sebuah akun di aplikasi bermain catur yaitu Chess.com. Akun Dewa_Kipas ini adalah milik Dadang Subur.

Bagaimana Dewa Kipas Viral?

Nama Dewa Kipas mulai dikenal publik setelah akun ini ditutup oleh pihak Chess.com karena diduga melakukan kecurangan. Akun ini ditutup setelah memenangkan pertandingan catur online dengan akun GothamChess milik Levy Rozman pada 2 Maret 2021. Penutupan atau pemblokiran akun Dewa_Kipas oleh pihak Chess.com inilah menjadi polemik yang membuat Dewa_Kipas viral.

Siapa itu GothamChess?

GothamChess adalah akun milik Levy Rozman yang merupakan pemain catur asal Amerika yang bergelar International Master. Levy Rozman juga seorang content creator yang memiliki kanal Youtube dengan lebih dari 700 ribu subscribers. Levy Rozman melakukan streaming saat bermain catur online dengan Dewa Kipas yaitu pada 2 Maret 2021.

Bagaimana Asal Mula Masalah Dewa Kipas dan GothamChess?

Penutupan akun Dewa_Kipas oleh pihak Chess.com membuat netizen Indonesia geram. GothamChess menuding Dewa_Kipas melakukan kecurangan saat bermain catur online. Sementara, netizen Indonesia menduga GothamChess tidak menerima kekalahan sehingga ia memprovokasi pengikutnya untuk melakukan report masal akun Dewa_Kipas.

Banyak netizen Indonesia menyerang dan menghujat akun media sosial GothamChess. Sampai-sampai GothamChess mengaku kepada Deddy Corbuzier dalam podcast-nya yang diunggah pada 18 Maret 2021 berjudul “GOTHAMCHESS EXCLUSIVE KLARIFIKASI” bahwa ia terpaksa harus memblokir orang Indonesia agar tidak bisa membuka dan berkomentar di video Youtube-nya.

Mengapa Akun Dewa Kipas Diblokir?

Banyak netizen menduga bahwa penutupan atau pemblokiran akun Dewa_Kipas lantaran Levy Rozman melaporkan akun ini kepada pihak Chess.com. Tapi hal ini tidak dibenarkan oleh pihak Chess.com.

Dilansir dari Kompas.com, Danny Rensch selaku Chief Operating Officer (COO) Chess.com mengungkap alasan mengapa pihaknya memblokir akun Dewa_Kipas milik Dadang Subur. Rensch yang mengepalai tim fair play beranggotakan tujuh orang di Chess.com menelaah kasus pemblokiran akun Dewa_Kipas.

Situs ini menyimpulkan bahwa langkah-langkah catur Dewa_Kipas amat mirip dengan bot alias program catur otomatis. Rensch pun yakin bahwa Dadang berbuat curang karena permainannya dinilai “tidak mungkin dilakukan manusia”. Terlebih. tingkat akurasi langkah catur Dadang sangat tinggi, mencapai 95,3 persen, melampaui GrandMaster Indonesia Susanto Megaranto sebesar 94,4 persen.

Danny Rensch juga menegaskan bahwa pertimbangan memblokir akun Dewa_Kipas tidak didasari oleh laporan dari Levy Rozman.

Siapa itu Irene Sukandar?

Irene Sukandar adalah seorang pemain catur Indonesia yang sudah memenangkan banyak kejuaraan catur dan telah mencapai dua gelar sekaligus yaitu Woman GrandMaster (WGM) dan International Master (IM).

Mengapa Dewa Kipas Bertanding dengan Irene Sukandar?

Irene Sukandar melayangkan surat terbuka kepada Deddy Corbuzier pada 14 Maret 2021 setelah Dewa Kipas yaitu Dadang Subur diundang menjadi tamu di podcast Deddy. Dalam suratnya, ia tidak menyangka bahwa pemberitaan tentang GothamChess dan Dewa_Kipas menjadi besar.

Menurutnya, pemberitaan Dewa Kipas memang bagus untuk peningkatan popularitas percaturan di Indonesia. Tapi di sisi lain, ia meminta Deddy Corbuzier untuk menyebarkan berita yang benar demi membangun karakter bangsa ke arah yang lebih baik.

Deddy menanggapi surat terbuka dari Irene dan mengundangnya ke acara podcast yang diunggah pada 18 Maret 2021. Dalam podcast tersebut, Deddy Corbuzier ingin membantu agar permasalahan catur ini tidak berlarut-larut sehingga bertanya apakah Irene bersedia apabila ada pertandingan catur offline antara Dewa_Kipas Dadang Subur dan WGM Irene Sukandar. Dan ia pun menyatakan bahwa dirinya siap bertanding dengan Dadang Subur.

Apakah Dewa Kipas Menang Melawan Irene Sukandar?

Akhirnya pertandingan catur antara Dewa Kipas dan Irene Sukandar dilakukan secara offline dan disiarkan secara langsung melalui streaming akun Youtube milik Deddy Corbuzier pada 24 Maret 2021. Dalam pertandingan ini juga ada dua komentator yaitu Grand Master (GM) Sutanto Megaranto dan Woman International Master (WIM) Chelsie Monica.

Di akhir pertandingan ini, Dadang Subur alias Dewa_Kipas kalah dan mengakui kekalahannya. Irene memenangkan pertandingan dengan skor 3:0 dan ia juga meminta kepada netizen untuk berhenti menghujat karena itu adalah pertandingan persahabatan.

Kedua pemain, baik yang menang maupun yang kalah sama-sama mendapatkan hadiah yang diperoleh dari sponsor acara podcast tersebut. Irene sebagai pemenang mendapatkan hadiah uang tunai sebesar 200juta rupiah (Rp200.000.000) sedangkan Dadang Subur alias Dewa Kipas membawa pulang hadiah uang tunai sebesar 100juta rupiah (Rp100.000.000).

***

Dengan berakhirnya pertandingan persahabatan ini, semoga dibarengi dengan berakhirnya polemik ini dengan perdamaian ya. Gimana nih gabuters dengan berita ini? Ambil sisi positifnya saja ya dan pelajaran yang didapat dari permasalahan ini. Apakah ada di antara gabuters yang mahir bermain catur nih?

Leave a Comment