Contoh Majas Personifikasi dan Artinya Lengkap Banget

gabutan.com – Contoh Majas Personifikasi digunakan untuk menyatakan benda mati seolah-olah hidup. Gaya bahasa ini banyak digunakan dalam puisi atau karya sastra. Ada banyak contoh majas perbandingan dan artinya lengkap dalam artikel ini.

Saat belajar bahasa Indonesia, tentu ada materi tentang majas dan jenis-jenisnya. Salah satunya adalah majas perbandingan. Lho apa hubungannya majas perbandingan dan majas personifikasi? Jawabannya adalah mereka berhubungan banget!

Majas Personifikasi adalah jenis majas perbandingan. Contoh kalimat berisi majas personifikasi adalah “Coba tanyakan pada rumput yang bergoyang.” Kata bercetak tebal yaitu rumput yang bergoyang merupakan contoh majas personifikasi. Rumput dideskripsikan seolah dapat bergoyang seperti manusia. Padahal rumput tak bisa bergoyang, tapi rumput bergerak karena adanya angin.

Itu adalah salah satu contoh kalimat menggunakan majas personifikasi dan masih ada banyak contoh lain lengkap dengan penjelasan artinya masing-masing. Bahkan contoh majas tersebut digunakan dalam kalimat lho. Wah, komplit banget ya!

Sebelum lanjut ke contoh majas perbandingan personifikasi, kita simak dulu pengertian majas personifikasi. Jika kamu nggak mau membaca pengertiannya, langsung saja loncat ke poin berikutnya ya.

Pengertian Majas Personifikasi

Majas Personifikasi adalah jenis majas perbandingan paling sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Kata-katanya menyatakan benda mati atau makhluk hidup lainnya sebagai sesuatu seolah-olah hidup atau berperilaku seperti manusia.

Benda mati tersebut dideskripsikan seolah-olah mampu berbuat, berpikir, atau berkata seperti manusia. Apakah kamu pernah mendengar majas personifikasi dalam kalimat? Bagaimana maknanya?

Makna kata dalam majas personifikasi bersifat kiasan. Dengan kata lain, kata-kata memiliki makna bukan sebenarnya.

Misalnya contoh kalimat personifikasi sebelumnya “Coba tanyakan pada rumput yang bergoyang” kata rumput yang bergoyang tidak berarti bahwa rumput bergoyang sendiri ya. Rumput tersebut dideskripsikan seolah bisa bergoyang padahal rumput tersebut bergerak karena adanya angin.

Jadi, pengertian majas personifikasi adalah jenis gaya bahasa kiasan yang digunakan untuk menyatakan benda mati atau makhluk hidup lainnya sebagai sesuatu seolah-olah hidup atau berperilaku seperti manusia.

Contoh Majas Personifikasi dan Artinya

Perutku terus saja bernyanyi sejak pagi tadi.

“Bernyanyi” adalah contoh kosakata personifikasi menyatakan perut seolah seperti manusia mampu bernyanyi. Makna dari perut bernyanyi adalah rasa lapar sehingga perut mengeluarkan suara seolah bernyanyi. Jika perutmu bernyanyi, segera ambil nasi dan lauk ya, gabuters!

Udara malam begitu menusuk tulang-tulangku.

Contoh majas personifikasi dalam kalimat di atas adalah “menusuk tulang-tulangku”. Udara diibaratkan seperti manusia mampu melakukan gerakan menusuk sesuatu. Arti majas personifikasi tersebut adalah udara terasa sangat dingin sampai tubuh menggigil.

Awan gelap mencegahku keluar rumah hari ini.

Kosakata personifikasi di atas yaitu “mencegah” artinya menghalangi atau membuat pembicara nggak jadi keluar rumah. Awan gelap pertanda akan segera turun hujan lebat sehingga si pembicara memutuskan untuk tidak keluar rumah.

Sebuah pohon akasia berdiri gagah di tepi jalan rumahku.

Kata apa diibaratkan seperti manusia dalam kalimat di atas? Yap, kosakata “berdiri gagah” menyatakan seolah pohon tersebut memiliki kaki sehingga mampu berdiri gagah. Makna contoh majas tersebut adalah pohon itu tumbuh di tepi jalan rumahnya.

Sambal buatan istriku benar-benar membakar lidah.

Apakah gabuters pernah makan makanan pedas banget? Gimana rasanya? Lidah seperti terbakar ya? Nah, itu dia makna kosakata personifikasi “terbakar” yaitu sambalnya benar-benar pedas.

Aku tidak mau keluar karena panas matahari sangat menggigit.

Biasanya panas matahari siang memang nggak ramah buat kulit. Apalagi berada di daerah tropis, duh pasti panas matahari terik banget sampai menggigit. Arti contoh majas personifikasi “menggigit” adalah menyengat. Padahal matahari nggak punya gigi ya, tapi dikatakan menggingit. Ya namanya saja gaya bahas kiasan!

Mobil tua itu merangkak perlahan saat melewati tanjakan tajam.

Gaya bahasa kiasan “merangkak” membuat mobil tua seolah berperilaku seperti bayi mampu merangkak. Contoh majas ini memiliki makna bahwa mobil tua tersebut melaju dengan kecepatan rendah sehingga dikatakan merangkak perlahan.

Rita terkesima melihat awan berjalan di langit biru.

Apakah gabuters pernah melihat awan berjalan terutama di siang hari? Aku sering melakukannya sewaktu kecil. Ada banyak bentuk-bentuk awan unik lho. Contoh majas personifikasi “berjalan” menyatakan awan seolah punya kaki untuk berpindah padahal awan bergerak karena adanya angin ya gabuters!

Malam hari matahari tertidur digantikan rembulan.

“Tertidur” adalah kosakata personifikasi untuk matahari, artinya terbenam. Matahari pada malam hari diibaratkan seperti manusia tertidur lalu tempatnya digantikan oleh bulan. Padahal faktanya matahari nggak pernah tidur ya, gabuters. Ini hanya gaya bahasa kiasan saja.

Komputer itu menemaniku bekerja selama belasan tahun.

Kata “menemani” biasanya ditujukan kepada seseorang yang meluangkan waktunya berada di samping kita selama jangka waktu tertentu. Tapi dalam kalimat di atas, komputer dinyatakan menemani, artinya komputer itu digunakan untuk bekerja selama belasan tahun.

Daun-daun menari mengikuti irama hembusan angin yang segar.

Contoh majas personifikasi dalam kalimat tersebut yaitu “menari mengikuti irama” seolah daun-daun mampu meliuk-liukkan badannya. Padahal daun-daun bergerak mengikuti hembusan angin sehingga tampak seolah sedang menari-nari. Kalau nggak ada angin, daun-daun tentu nggak akan bergerak ya gabuters!

Tangisan bayi tetangga memecah kesunyian malam.

Apakah gabuters pernah mendengar tangisan bayi di malam hari? Tentu malam hari begitu sunyi. Saat ada tangisan bayi tentu terdengar begitu jelas, apalagi kalau tangisan bayi itu kencang. Kata personifikasi “tangisan memecah kesunyian” berarti malam nggak sunyi lagi karena ada suara tangisan bayi.

Lembaran rupiah telah membeli suara rakyat.

“Membeli” adalah contoh majas kiasan yang membuat seolah lembaran rupiah alias uang dapat melakukan pembelian suara. Padahal pelakunya adalah oknum-oknum tertentu menggunakan uang untuk membuat rakyat memilihnya dalam pemilu.

Longsor itu menegur kita untuk terus menjaga kelestarian alam.

“Menegur” biasanya dilakukan oleh seseorang saat memergoki orang lain melakukan kesalahan. Bencana longsor menegur berarti memperingati kita untuk lebih peduli pada alam, tidak melakukan tindakan merusak alam. Apakah gabuters sudah peduli dengan alam di sekitar kita?

Kita belum melakukan apa-apa padahal waktu akan terus berjalan tanpa peduli apapun yang dilewatinya.

“Waktu terus berjalan” seolah-olah waktu memiliki kaki untuk berpindah. Ini adalah contoh majas personifikasi ya, artinya waktu tetap berputar tak peduli kita sedang bekerja atau diam saja.

Contoh Majas Personifikasi dalam Kalimat

Mobil tua itu selalu setia mengantarnya ke manapun ia pergi.

“Setia mengantarnya” adalah contoh personifikasi menyatakan mobil tua itu seolah memiliki sifat manusia yaitu setia dan mampu mengantar. Padahal mobil adalah benda mati, nggak akan melaju tanpa dikemudikan oleh seseorang. Makna “setia mengantarnya” adalah selalu dikendarai olehnya.

Saat gempa terjadi, aku menyaksikan gedung-gedung pencakar langit itu bergoyang.

Contoh majas personifikasi adalah “bergoyang” artinya bergerak-gerak. Ya, kalau gempa terjadi tentu saja semua barang bergerak. Jadi gedung-gedung pencakar langit bergoyang karena adanya gempa.

Pohon-pohon kelapa itu tampak melambai-lambai ketika kami sampai di pantai.

Apa sih arti kata melambai-lambai? Tentu saja bukan melambaikan tangan ya, tetapi bergerak-gerak karena tertiup angin. Ya, pohon kelapa bergerak-gerak seolah melambai-lambai karena tiupan angin.

Mata kamera CCTV tidak akan pernah luput mengawasi semua pergerakan kita di sana.

“Mengawasi” artinya menatap atau memperhatikan gerak-gerik seseorang. Ya, kamera dapat memperhatikan gerak-gerik orang dengan merekam suatu tempat. Itulah makna dari kata mengawasi sebagai contoh gaya bahasa kiasan dalam kalimat tersebut.

Bendera merah putih itu melambai setelah dikibarkan.

Apakah makna kata melambai sebagai contoh majas personifikasi di atas? Bendera Merah Putih melambai artinya bendera itu berkibar-kibar karena tiupan angin.

Pagar itu menghalangi pencuri memasuki rumah kami.

Pagar diibartkan dapat mencegah pencuri masuk rumah. Padahal pagar tidak melakukan apapun. Hanya diam saja. Jadi, pagar menghalangi pencuri artinya pagar membuat pencuri tidak jadi masuk rumah karena alasan-alasan tertentu, mungkin pagarnya penuh pecahan kaca sehingga pencuri tidak masuk rumah.

Api kebakaran itu melahap seluruh rumah di kawasan itu.

Kata melahap sebagai contoh personifikasi tersebut bukan berarti memakan makanan ya. Tetapi artinya membakar. Ya, api membakar seluruh rumah di kawasan tersebut. Gitu jadi kalimatnya kalau kata melahap diubah menjadi membakar. Sama kan makna kalimatny?

Aroma makanan itu menggoda pengunjung untuk memakannya.

Contoh personifikasi ada pada kata menggoda. Nggak hanya manusia, aroma makanan pun bisa menggoda. Arti majas ini adalah membuat pengunjung ingin segera menikmati makanan tersebut.

Sirine ambulan itu menjerit ketika melewati jalan.

Personifikasi dalam kalimat tersebut adalah “menjerit” seolah sirine ambulan punya mulut untuk berteriak. Contoh majas pada kata menjerit ini bermakna mengeluarkan suara nyaring membuat orang sekitar mengetahui bahwa ada ambulan sedang melintasi jalanan tersebut.

Uang sepuluh ribu ini menyelamatkannya dari rasa lapar.

Kata menyelamatkan seolah menyatakan bahwa uang sepuluh ribu mampu menghindarkan seseorang dari bahaya. Makna menyelamatkan di sini adalah uang sepuluh ribu dapat digunakan untuk makanan sehingga tidak lapar lagi.

Harta dapat membutakan banyak manusia.

Membutakan adalah contoh majas personifikasi artinya membuat seseorang tak mengenal salah dan benar. Ya, uang terkadang membuat banyak orang merasa diri paling benar. Tapi terkadang saja ya, kalau digunakan dengan baik, ya tentu harta itu akan sangat bermanfaat.

Bola itu melompati pagar rumahku saat ditendang.

Personifikasi “Bola melompati” menyatakan bola seolah bisa bergerak melompati sesuatu. Bola mampu bergerak melompati pagar karena ditendang oleh seseorang.

Gergaji itu menyenandungkan sebuah nada.

Contoh personifikasi dalam kalimat adalah “menyenandungkan” seolah gergaji bisa bersuara. Gergaji menyenandungkan sebuah nada berarti gergaji menghasilkan suara saat digunakan oleh seserorang untuk memotong sesuatu.

Popcorn itu melompat keluar dari panci panas.

Masak iya popcorn bisa melompat sih? Ini adalah contoh majas personifikasi ya. Popcorn melompat artinya bergerak-gerak karena dipanaskan dalam panci berisi minyak panas. Apakah gabuters suka makan popcorn?

Cabang pohon mengerang saat anak kecil itu berayun.

Bagaimana ceritanya cabang pohon bisa mengerang? Mengerang di sini artinya menghasilkan suara karena ada anak kecil berayun di cabang pohon tersebut. Ya, memang enak sih rasanya berayun-ayun di bawah pohon. Asyik banget!

Nada dering telepon berteriak di tengah malam.

Nada dering telepon berteriak artinya mengeluarkan bunyi kring kring saat ada panggilan masuk. Itulah makna dari contoh majas personifikasi dalam kalimat tersebut.

Contoh Majas Personifikasi Singkat

Keadilan itu buta.

Secara harfiah, buta ditujukan kepada mata seseorang apabila tidak dapat melihat sama sekali. Nah, keadilan diibaratkan nggak bisa melihat mana benar dan mana salah. Itu makna majas personifikasi tersebut.

Matahari tersenyum di pagi hari.

Pernahkah melihat senyum matahari? Jangan coba melihat matahari langsung ya, itu nggak baik buat mata kita. Matahri tersenyum maksudnya adalah saat matahari pagi terbit bersinar membuat badan kita terasa hangat. Itulah makna dari personifikasi matahari tersenyum.

Keheningan merayap ke dalam kelas.

Apa maksud dari kosakata “merayap”? Maknanya bukan merayap seperti cicak di dinding ya, tapi ini makna kiasan. Majas personifikasi Keheningan merayap berarti suasana kelas mulai hening perlahan-lahan. Semua murid mulai berhenti berbicara sehingga kelas menjadi tenang.

Mobil itu terbatuk-batuk tadi malam.

Mungkin mobilnya perlu obat batuk ya…he he Enggak dong! Mobil terbatuk-batuk artinya mobil itu susah dinyalakan mesinnya alias mogok. Mobil terbatuk-batuk pertanda bahwa mobil akan segera mogok. Jadi, hati-hati ya gabuters!

Aku suka menyaksikan ombak menari-nari.

Gimana ceritanya ombak bisa menari-nari? Ya banyak sekali contoh majas personifikasi kadang nggak masuk akal, tapi indah saat diucapkan. Ombak bergerak-gerak inilah dimaksud dengan menari-nari. Itulah maknanya.

Burung-burung bernyanyi sangat merdu.

Burung dikatakan “bernyanyi” seolah menghasilkan nada-nada indah dan lirik lagu seperti manusia. Dimaksud menyanyi adalah burung menghasilkan suara bernada indah. Nyanyian burung memang indah serta merdu ya gabuters!

Matahari pagi menatapku dengan lembut.

Apakah matahari pagi pernah menatapmu? Bagaimana tatapan matahari ya? Makna contoh majas dalam kalimat tersebut berarti bersinar. Ya, matahari pagi bersinar dengan lembut sehingga membuat kita hangat.

Pohon bambu itu berbisik saat tertiup angin.

Gaya bahasa kiasan “berbisik” membuat pohon bambu seolah punya mulut dan telinga untuk berbisik. Berbisik dimaksud di sana adalah menghasilan suara gesekan antar daun bambu karena tiupan angin. Suara gesekan itulah terdengar seperti orang sedang berbisik.

Api menelan seluruh hutan.

Apa sih artinya api menelan? Bukan menelan makanan masuk ke kerongkongan ya, tapi makna kata “menelan” dalam kalimat personifikasi di atas adalah membakar. Jika ingin lebih jelas kalimatnya bisa diubah menjadi: Api membakar seluruh hutan.

Matahari mengintip melalui awan.

Kata mengintip merupakan personifikasi untuk matahari seolah ia bisa melakukan tindakan mengintip. Makna majas tersebut adalah matahari sedang berada di balik awan. Mungkin ada sinarnya kelihatan sedikit, sehingga disebut mengintip karena nggak semua bagian matahari tertutupi awan.

Rokok itu mencuri kesehatannya.

Rokok bisa mencuri? Enggak dong! Makna contoh majas personifikasi “mencuri” dalam kalimat di atas adalah membahayakan. Iya, merokok memang berbahaya bagi kesehatan. Rokok membuat seseorang menjadi kehilangan kesehatannya alias sakit. Jadi, hindari merokok ya gabuters, supaya nggak nyesel di kemudian hari.

Kobaran api memakan seluruh bagian rumah.

Kata “memakan” merupakan personifikasi dari api kebakaran seolah api berperilaku seperti manusia sedang makan. Makna majas tersebut adalah api membakar seluruh bagian rumah tanpa tersisa.

Api kebakaran mengepung rumah itu.

Kata “mengepung” merupakan personifikasi dari api kebakaran seolah api berperilaku seperti para polisi mengepung penjahat. Makna “api kebakaran mengepung rumah itu” adalah membakar semua bagian rumah tersebut.

Teko itu bernyanyi ketika air mendidih.

Apakah gabuters punya teko air? Teko air biasanya digunakan untuk mendidihkan air. Saat air sudah mendidih, maka teko akan mengeluarkan bunyi nyaring seolah sedang bernyanyi. Itulah makna majas personifikasi tersebut.

Bintang-bintang berkedip di langit malam.

Makna contoh majas personifikasi “bintang-bintang berkedip” adalah menyatakan bahwa bintang berkelap-kelip. Ya, berkedip itu biasanya dilakukan mata seseorang, tapi ya nggak jauh beda kan sama bintang seolah berkedip di malam hari.

***

Setelah membaca banyak contoh majas di atas, apakah kamu sudah paham dan bisa membuat contoh majas personifikasi? Majas perbandingan ini memang paling sering digunakan dalam percakapan sehari-hari.

Akhir kata, salam gabut!

Leave a Comment