Contoh Majas Metafora dan Artinya Lengkap Banget

gabutan.com – Contoh Majas Metafora digunakan untuk menyatakan perbandingan. Ungkapan kiasan ini banyak digunakan dalam puisi atau karya sastra. Ada banyak contoh gaya bahasa metafora dan artinya lengkap dalam artikel ini.

Saat belajar bahasa Indonesia, tentu ada materi tentang majas dan jenis-jenisnya. Salah satunya adalah majas perbandingan. Lho apa hubungannya majas perbandingan dan majas metafora? Jawabannya adalah mereka berhubungan banget!

Majas Metafora adalah jenis majas perbandingan. Contoh kalimat berisi majas metafora yaitu “Ia seorang kutu buku.” Kata bercetak tebal yaitu kutu buku merupakan contoh majas metafora membandingkan seseorang dengan kutu buku. Ungkapan kutu buku memiliki makna seorang yang suka membaca.

Itu adalah salah satu contoh penggunaan majas metafora dalam kalimat dan masih ada banyak contoh lain lengkap dengan penjelasan artinya. Contoh majas tersebut digunakan juga dalam kalimat. Wah, komplit banget ya!

Sebelum lanjut ke contoh gaya bahasa perbandingan metafora, kita simak dulu pengertian majas metafora. Jika nggak mau membaca pengertiannya, langsung saja loncat ke poin berikutnya.

Pengertian Majas Metafora

Majas Metafora adalah jenis majas perbandingan paling sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Kata-kata metafora digunakan untuk menggambarkan perbandingan suatu objek dengan objek lainnya. Kedua objek tersebut memiliki sifat sama namun dalam bentuk kiasan.

Makna kata dalam majas metaforasi bersifat kiasan. Dengan kata lain, pemakaian kata atau kelompok kata bukan dengan arti sebenarnya, melainkan sebagai lukisan yang berdasarkan persamaan atau perbandingan.

Misalnya contoh kalimat metafora sebelumnya “Ia seorang kutu buku” kata kutu buku tidak berarti bahwa buku memiliki kutu ya. Kutu buku artinya seseorang yang memiliki kegemaran membaca buku. Biasanya orang ini selalu memanfaatkan waktu untuk membaca.

Jadi, pengertian majas metafora adalah jenis gaya bahasa kiasan digunakan untuk menggambarkan perbandingan suatu objek dengan objek lainnya yang memiliki sifat sama namun dalam bentuk kiasan.

Contoh Majas Metafora dan Artinya

Kepolisian mengambil jalan tengah untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Jalan tengah adalah contoh majas metafora sebuah cara ditempuh atau keputusan diambil oleh orang berselisih pendapat dengan tidak memihak satu sama lain. Ungkapan lain bermakna sama dengan jalan tengah yaitu jalan kompromi atau jalan damai.

Aku tak mau berbicara dengan Joni karena ia berkepala batu.

Berkepala batu artinya keras kepala, egois, ingin menang sendiri, tidak mau saling berbagi. Jadi contoh metafora dalam kalimat tersebut menyatakan bahwa Joni memiliki sifat egois atau keras kepala.

Seorang pria harus siap menjadi tulang punggung setelah menikah.

Apakah gabuters tahu maknanya tulang punggung? Contoh majas metafora tulang punggung berarti seseorang bertanggung jawab penuh untuk mengidupi orang lain atau keluarga. Seorang ayah biasanya menjadi tulang punggung mencari nafkah. Jaman sekarang, seorang ibu pun ikut bekerja mencari nafkah.

Anak Bu Sari menjadi buah bibir karena kenakalannya.

Apakah ungkapan buah bibir berarti bibir berbuah? Hmm, bukan itu ya artinya majas metafora tersebut. Buah bibir artinya bahan perbincangan atau pembicaraan dalam sebuah kelompok. Bahasa kesehariannya adalah bahan gosip tetangga. Jadi, anak Ibu Sari sering dibicarakan karena ia nakal.

Banyak pria menyukai Sinta karena ia adalah bunga desa ini.

Bunga desa adalah ungkapan metafora berarti perempuan paling cantik di sebuah desa. Ya, bunga identik dengan hal indah ya. Itulah makna ungkapan bunga desa. Apakah ada bunga desa di sekitar tempat tinggalmu?

Dia patah hati karena ditolak kekasihnya.

Apa ya makna kata “patah hati”? Bagaimana hati bisa patah? Contoh majas metafora patah hati artinya sakit hati, merasa sedih atau menderita karena mendapat penolakan atau ditinggal orang tersayang. Apakah gabuters pernah patah hati?

Banyak supermarket gulung tikar karena sepi pengunjung.

Gulung tikar merupakan contoh gaya bahasa kiasan bermakna bangkrut. Metafora ini digunakan untuk mendeskripsikan bahwa seorang pengusaha harus menutup usahanya karena kehabisan modal. Di masa pandemi Covid 19, banyak usaha gulung tikar.

Jangan ringan tangan saat menyelesaikan suatu masalah.

Ringan tangan adalah contoh majas metafora memiliki dua makna berlawanan. Ringan tangan dapat berarti suka menolong. Di sisi lain, ringan tangan berarti suka memukul. Kalimat di atas cocoknya makna apa ya? Tentu saja artinya suka memukul. Kalimatnya menjadi: Jangan suka memukul saat menyelesaikan suatu masalah.

Bapak itu hidup sebatang kara di Ibu Kota Jakarta.

Sebatang kara merupakah metafora berarti hidup sendirian, tidak memiliki sanak saudara di dekatnya. Itulah makna ungkapan sebatang kara. Jika merantau, biasanya seseorang akan hidup sebatang kara. Apakah ada orang hidup sebatang kara di sekitarmu?

Andika sering kali membuat ayahnya naik pitam karena perilakunya.

Majas metafora “naik pitam” berarti menjadi sangat marah. Jika diubah, kalimatnya menjadi Andika Andika sering kali membuat ayahnya sangat marah karena perilakunya. Itulah makna kata naik pitam. Jangan sampai membuat orang tua naik pitam ya gabuters!

Para tersangka tutup mulut saat dimintai keterangan.

Tutup mulut artinya diam, bungkam, tidak berkata apa-apa. Contoh majas metafora dalam kalimat tersebut menyatakan bahwa para tersangka tidak berkata apa-apa saat dimintai keterangan. Mengapa ya kira-kira mereka tutup mulut?

Pelaku diam seribu bahasa saat diinterogasi oleh polisi.

Diam seribu bahasa memiliki makna sama dengan tutup mulut yaitu diam, bungkam, tidak berkata apa-apa. Metafora dalam kalimat tersebut menyatakan bahwa pelaku diam saja saat diinterogasi oleh polisi.

Uang sudah habis padahal belum tanggal tua.

Apakah makna contoh majas metafora “tanggal tua” dalam kalimat di atas? Tanggal tua adalah sebutan akhir bulan. Biasanya pada tanggal tua para pegawai belum mendapat gaji atau gajinya sudah habis digunakan pada tanggal sebelumnya.

Jangan berpangku tangan saat mengerjakan tugas kelompok.

Berpangku tangan artinya bermalas-malasan. Apakah kamu pernah menggunakan ungkapan tersebut dalam kalimat? Berpangku tangan sih boleh saja, asalkan lagi gabut alias nggak ada kerjaan ya.

Contoh Majas Metafora dalam Kalimat

Messi unjuk gigi menggiring bola ke gawang lawan.

Apa ya makna majas metafora unjuk gigi? Apakah berarti senyum sambil kelihatan giginya? Unjuk gigi artinya menunjukkan kekuatan atau kemampuan (kepandaian, kekuasaan, kemarahan, dan sebagainya). Dalam kalimat di atas, Messi menunjukkan kemampuannya menggiring bola ke gawang lawan.

Ibu selalu merawat buah hatinya dengan kasih sayang melimpah.

Apa makna metafora buah hati pada kalimat tersebut? Bukan berarti hati berbuah ya. Buah hati artinya orang kesayangan seperti anak. Jika buah hati diganti menjadi anak, maka kalimatnya menjadi: Ibu selalu merawat anaknya dengan kasih sayang melimpah. Maknanya nggak berubah kan?

Sepulang dari Surabaya kakak membawakan buah tangan untukku.

Apa makna buah tangan dalam kalimat di atas? Bukan berarti tangan berbuah ya. Buah tangan artinya oleh-oleh. Jadi sang kakak membawakan adiknya oleh-oleh setelah pulang dari Surabaya. Apa ya kira-kira buah tangan dari kakak?

Pemuda adalah tunas bangsa untuk membawa perubahan lebih baik pada negeri ini.

Contoh metafora di atas adalah tunas bangsa, artinya harapan bangsa, pemegang cita-cita bangsa, bibit penerus di masa depan. Sebagai tunas bangsa, kita harus mengembangkan diri menjadi pribadi lebih baik. Setuju gabuters?

Apapun hasilnya kita harus bisa berlapang dada menerima keputusan tersebut.

Ungkapan berlapang dada merupakan contoh majas metafora. Arti kata berlapang dada adalah terasa lega, tidak sesak, terasa senang, tidak ada kegusaran, sabar, tidak mudah marah. Jadi kalimat di atas berarti sabar dalam menerima sebuah keputusan.

Mereka adalah sampah masyarakat yang harus ditindak tegas.

Duh, serem juga ya contoh majas “sampah masyarakat”. Apa artinya sampah masyarakat? Sampah berarti hal yang dibuang karena tak berharga atau tak memiliki nilai. Jadi, sampah masyarakat adalah orang-orang buangan yang dianggap tidak berguna bagi masyarakat.

Raja hutan adalah satwa yang harus kita lindungi.

Siapakah raja hutan dimaksud dalam metafora di atas? Singa adalah raja hutan. Hewan ini nggak takut dengan hewan lainnya. Selain itu singa juga tergolong hewan kuat. Itulah mengapa singa disebut sebagai raja hutan.

Ia selalu menjadi kambing hitam oleh teman-temannya.

Kambing hitam adalah contoh majas metafora artinya sasaran kesalahan atau orang yang disalahkan atas sebuah kejadian buruk. Padahal ia sebenarnya tidak bersalah tapi dijadikan kambing hitam oleh orang-orang di sekitarnya. Apakah gabuters pernah menjadi kambing hitam dari sebuah kesalahan yang tidak dilakukan?

Burung besi itu terbang dari Jakarta ke Bali.

Ungkapan “burung besi” artinya pesawat terbang. Ya, pesawat merupakan representasi dari burung memiliki sayang di bagian kanan dan kiri. Jadi burung terbuat dari besi disebut juga pesawat terbang. Apakah gabuters pernah naik burung besi?

Perempuan tersebut berbadan dua setelah menikah 2 tahun.

Apa makna ungkapan berbadan dua? Apakah artinya memiliki dua badan? Contoh majas metafora “berbadan dua” artinya hamil atau mengandung. Apakah ada anggota keluargamu sedang berbadan dua, gabuters?

Belajarlah yang rajin agar menjadi bunga bangsa membanggakan.

Ungkapan “bunga bangsa” artinya orang yang membuat bangga sebuah bangsa disebut juga pahlawan atau patriot. Itulah makna dari kata metafora bunga bangsa. Sebagai siswa kita perlu belajar rajin saja supaya kelak bisa menjadi bunga bangsa ya.

Gupta selalu mencari muka di hadapan bos.

Apakah pernah mendengar gaya bahasa kiasan “mencari muka”? Apa sih artinya mencari muka? Ungkapan mencari muka artinya berbuat sesuatu dengan maksud mencari pujian atau sanjungan dari orang lain / atasan. Apakah ada orang di sekitarmu suka mencari muka?

Internet adalah gudang ilmu masa kini serta masa depan.

Contoh majas perbandingan dalam kalimat adalah gudang ilmu artinya sumber berbagai pengetahuan. Ya segala ilmu ada di internet. Bahkan saat sedang mencari tentang contoh majas metafora, kamu menemukan artikel ini. Hore!

Aku selalu mati kutu saat berbicara di depan banyak orang.

Majas metafora di atas yaitu mati kutu artinya tidak berdaya atau tidak dapat berbuat apa-apa. Aku juga sering mati kutu saat bertemu orang baru. Nggak tau harus ngomong apa. Hal apa membuat kamu mati kutu, gabuters?

Kita harus menjadi sosok yang berjiwa besar.

Contoh metafora “berjiwa besar” artinya bisa menerima keadaan atau kenyataan sepahit apapun dengan lapang dada. Orang berjiwa besar biasanya menerima kegagalan atau kekalahan. Ia ikut bahagia dengan kemenangan orang lain. Apakah gabuters termasuk berjiwa besar?

Contoh Majas Metafora Singkat

Kartini berdarah biru.

Berdarah biru adalah contoh gaya bahasa kiasan artinya keturunan bangsawan, ningrat, atau kerajaan. Ya, Kartini adalah keturunan bangsawan yang memperjuangkan pendidikan bagi kaum perempuan. Sungguh mulia ya jasa-jasa Ibu Kita Kartini. Yuk nyanyikan lagu Ibu Kita Kartini sebagai ungkapan terimakasih kepada beliau.

Buku adalah jendela dunia.

Apa yang dimaksud buku sebagai jendela dunia? Contoh majas metafora jendela dunia berarti sumber pengetahuan yang dapat membuatmu memahami hal-hal di dunia ini. Apakah gabuters suka membaca buku? Jika iya, berarti kamu sedang membuka jendela dunia.

Mereka akan bertemu di meja hijau.

Ungkapan metafora meja hijau berarti pengadilan yaitu tempat orang menyelesaikan masalah berdasarkan hukum. Mengapa pengadilan disebut meja hijau? Ya, meja pengadilan berwarna hijau sebagai simbol pertandingan. Meja hijau adalah tempat bertanding antara jaksa penuntut umum (JPU) dengan penasehat hukum (PH) dalam beradu fakta, teori dan argumen.

Anak adalah harta karun orang tua.

Contoh metafora dalam kalimat di atas adalah harta karun artinya sesuatu yang sangat berharga. Jadi anak adalah hal berharga bagi orang tua. Apakah kamu merasa menjadi harta karun bagi orang tua?

Janganlah berkecil hati saat gagal.

Contoh metafora dalam kalimat tersebut adalah berkecil hati. Apa makna ungkapan berkecil hati? Artinya tidak bersedih atau putus asa. Saat mengalami kegagalan, jangan berkecil hati ya gabuters. Teruslah berusaha sampai sukses!

Dina dalah anak emas guru Matematika.

Ungkapan anak emas ditujukan kepada anak paling disayang serta diberi perhatian lebih banyak dari anak-anak lainnya. Dengan kata lain, anak emas adalah anak paling favorit karena berbagai alasan, entah karena baik hati, rajin, pintar, suka membantu, dll. Pernahkah gabuters menjadi anak emas?

Ema berakal bulus pada adiknya.

Berakal bulus artinya memiliki tipu daya atau muslihat licik. Kakak biasanya mengakali adiknya sekedar iseng atau bercanda saja. Apakah gabuters pernah berakal bulus pada saudara sendiri? Gimana ceritanya tuh?

Bakso Pak Sarno enak tiada duanya.

Enak tiada duanya adalah contoh majas perbandingan tentang bakso Pak Sarno. Kata metafora “enak tiada duanya” memiliki makna sangat enak atau tak ada bakso dapat menandingi keenakan bakso Pak Sarno. Begitulah kira-kira maknanya.

Helen selalu menjadi bintang kelas.

Contoh majas metafora dalam kalimat tersebut berisi ungkapan bintang kelas. Apa artinya bintang kelas? Bintang biasanya identik dengan benda bersinar. Jadi bintang kelas artinya juara kelas. Apakah gabuters pernah menjadi bintang kelas?

Ayahnya pulang dengan tangan hampa.

Makna ungkapan tangan hampa sama seperti tangan kosong alias nggak bawa apa-apa. Mungkin biasanya ayah membawa sesuatu untuk anak-anaknya. Tapi kali ini ayah pulang dengan tangan hampa yaitu tidak membawa apa-apa.

Hati-hati berurusan dengan tikus berdasi.

Majas metafora tikus berdasi artinya koruptor. Mengapa disebut tikus berdasi? Karena tikus termasuk hewan pengerat yang hidup di lingkungan kotor. Berdasi memiliki makna memiliki jabatan atau pekerjaan bagus. Jangan sampai berurusan dengan tikus berdasi ya gabuters!

Andi selalu menjadi anak bawang di kelas.

Bisakah kamu menemukan contoh majas dalam kalimat di atas? Yap, jawabannya adalah anak bawang, artinya anak yang kurang diperhitungkan di kelas. Biasanya dalam permainan anak ini kurang dianggap kehadirannya. Dengan kata lain, ia hanya ikut-ikutan saja.

Anak itu adalah darah daging Ibu Rukmini.

Contoh majas metafora dalam kalimat tersebut adalah darah daging, artinya anak kandung. Dengan kata lain, Ibu Rukmini melahirkan anak tersebut. Itulah makna ungkapan perbandingan darah daging.

Si Jago Merah membakar habis ruko tersebut.

Siapakah si Jago Merah? Ungkapan tersebut adalah nama lain dari api. Ya, si jago merah artinya api. Jika diganti maka kalimatnya menjadi: Api membakar habis ruko tersebut. Maknanya masih sama kan?

Judi mengerjakan tugasnya dengan setengah hati.

Majas metafora dalam kalimat di atas adalah “setengah hati” yaitu lawan kata dari sepenuh hati. Apa makna ungkapan setengah hati? Metafora setengah hati berarti tidak serius, enggan, malas, tidak berniat mengerjakan sesuatu. Pekerjaan dilakukan dengan setengah hati biasanya hasilnya nggak maksimal.

***

Setelah membaca banyak contoh majas di atas, apakah kamu sudah paham dan bisa membuat contoh majas metafora? Majas perbandingan ini memang paling sering digunakan dalam percakapan sehari-hari.

Akhir kata, salam gabut!

Leave a Comment