Contoh Majas Hiperbola dan Artinya Lengkap Banget

gabutan.com – Contoh Majas Hiperbola digunakan untuk melebih-lebihkan suatu hal agar terkesan dramatis, hebat, atau luar biasa. Ada banyak contoh majas perbandingan dan artinya lengkap dalam artikel ini.

Saat belajar bahasa Indonesia, tentu ada materi tentang majas dan jenis-jenisnya. Salah satunya adalah majas perbandingan. Lho apa hubungannya majas perbandingan dan majas hiperbola? Mereka itu berhubungan banget!

Majas Hiperbola adalah jenis majas perbandingan. Contoh kalimat berisi majas hiperbola adalah “Komentar netizen sangat pedas dan tajam.” Kata bercetak tebal yaitu pedas dan tajam adalah contoh majas hiperbola. Pedas dan tajam dalam kalimat tersebut artinya sangat tidak baik serta melukai perasaan orang lain.

Itu salah satu contoh kalimat menggunakan majas hiperbola dan masih ada banyak contoh lain lengkap dengan pembahasan artinya. Bahkan contoh majas tersebut digunakan dalam kalimat lho. Wah, lengkap banget ya!

Sebelum lanjut ke contoh majas perbandingan hiperbola, kita simak dulu pengertian majas hiperbola. Jika kamu nggak mau membaca pengertiannya, langsung saja loncat ke poin berikutnya ya.

Pengertian Majas Hiperbola

Majas Hiperbola adalah jenis majas perbandingan paling sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Kata-katanya menekankan pada sesuatu dengan maksud melebih-lebihkan sehingga tampak luar biasa.

Makna kata dalam majas hiperbola biasanya bersifat kiasan, bukan makna sebenarnya.

Misalnya contoh kalimat hiperbola sebelumnya “Komentar netizen sangat pedas dan tajam” kata pedas dan tajam tidak berarti pedas makanan dan tajam pisau, tapi bermakna menyakitkan hati.

Dalam bahasa gaul, orang menggunakan kalimat melebih-lebihkan alias hiperbola disebut dengan istilah lebay artinya melebih-lebihkan.

Jadi, pengertian majas hiperbola adalah jenis majas perbandingan yang digunakan untuk menyatakan sesuatu dengan cara melebih-lebihkan agar terkesan dramatis, luar biasa, serta tampak hebat.

Contoh Majas Hiperbola dan Artinya

Dia berlari melebihi kecepatan angin.

Contoh majas hiperbola adalah melebihi kecepatan angin artinya amat sangat cepat. Seseorang dikatakan berlari melebihi kecepatan angin saat ia berlari sangat kencang sehingga orang lain memberi komentar menggunakan majas hiperbola.

Perasaanku teriris-iris mendengar kebohonganmu.

Perasaan teriris-iris adalah contoh kosakata hiperbola artinya sakit hati atau merasa sangat sedih. Tangan ajah tak sengaja tergores pisau tentu perih banget, apalagi perasaan teriris-iris. Duh, sakit!

Bagi saya sepak bola itu adalah segalanya.

Segalanya adalah contoh hiperbola artinya semuanya atau segala sesuatunya. Pembicara mengatakan kalimat tersebut menekankan bahwa hobinya adalah sepak bola. Ia akan meninggalkan semua kegiatan demi bermain sepak bola. Jika ia sedang bermain sepak bola, tak ada boleh mengganggunya.

Jika tak mengerjakan PR, ibuku akan membunuhku.

Kalimat itu biasanya diucapkan oleh anak-anak yang selalu dimarahi oleh ibunya kalau ketahuan nggak mengerjakan PR. Apakah kamu juga begitu? Contoh majas hiperbola dalam kalimat tersebut adalah kata “membunuhku” artinya memarahi atau mengomeli. Bukan berarti membunuh beneran ya, hanya dilebih-lebihkan saja.

Tak kusangka tanganmu lebih kuat dari besi.

Majas hiperbola di atas adalah lebih kuat dari besi artinya sangat kuat, melebihi kekuatan dimiliki oleh pembicara. Pada kenyataannya, tentu saja tangan nggak bisa disamakan dengan besi ya. Tapi untuk menekankan pada kekuatan tangan, ya perbandingan ini dapat digunakan.

Gedung gedung di Jakarta telah mencapai langit.

Contoh majas perbandingan ini adalah “mencapai langit” artinya sangat tinggi. Ya, gedung-gedung di Jakarta memang tinggi banget apalagi di pusat kota pemerintahan. Tapi ya nggak mencapai langit lah, hanya hiperbola saja.

Guru sejarahku sudah mengajar sejak zaman batu.

Contoh majas hiperbola adalah sejak zaman batu artinya sudah lama sekali, bahkan sampai puluhan tahun. Kalimat berikut jangan sampai terdengar oleh gurumu ya. Nggak sopan!

Ia berjalan lebih lambat dari siput.

Lebih lambat dari siput adalah contoh majas perbandingan dilebih-lebihkan artinya amat sangat lambat. Mana ada sih manusia berjalan selambat siput? Ya, namanya juga hiperbola tentu harus terkesan dramatis.

Ayah bekerja jungkir balik dari pagi hingga malam.

Jungkir balik adalah contoh majas hiperbola berarti bekerja sangat kerjas. Kosakata “jungkir balik” menekankan bahwa sang ayah bekerja dengan sangat keras dari pagi hingga malam untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarga.

Bidadari khayangan kalah dengan kecantikannya.

Kamu dapat menggunakan kalimat dengan majas hiperbola untuk memuji kecantikan seorang perempuan. “Bidadari khayangan” adalah perbandingan dramatis untuk mendeskripsikan betapa cantiknya perempuan tersebut. Ini dapat digunakan sebagai rayuan gombal buat doi juga ya gabuters!

Kematian sang ibu membuat dunianya berhenti berputar.

Contoh kata hiperbola dalam kalimat di atas adalah “dunianya berhenti berputar”, artinya amat sangat sedih atau kesedihan mendalam. Kehilangan seseorang tersayang memang selalu memberikan kesedihan dan luka di hati.

Kritik pedasnya tak berhenti menusuk-nusuk hatiku.

Kata dilebih-lebihkan di atas adalah “menusuk-nusuk hati” artinya menyakiti hati. Nggak semua orang suka dikritik. Jadi saat memberi kritik kepada orang lain pastikan nggak sampai menyakiti hatinya ya gabuters!

Aku lelah sekali sehingga bisa tidur siang selama satu juta tahun.

Majas hiperbola dalam kalimat tersebut adalah “satu juta tahun” artinya lama bisa sampai beberapa jam. Orang tidur siang biasanya satu jam. Tapi si pembicara menggunakan majas perbandingan ini untuk menyatakan bahwa ia bisa tidur siang selama beberapa jam karena merasa sangat lelah.

Saya punya jutaan pekerjaan rumah yang harus saya kerjakan malam ini.

“Jutaan” adalah kosakata hiperbola untuk mendeskripsikan bahwa pembicara memiliki banyak sekali pekerjaan rumah. Ia harus mengerjakannya malam ini. Kalimat hiperbola di atas dapat digunakan untuk menolak halus ajakan seseorang untuk keluar malam hari.

Contoh Majas Hiperbola dalam Kalimat

Dia berjalan lambat seperti kura kura.

“Seperti kura-kura” adalah contoh majas hiperbola artinya sangat lambat. Kalimat hiperbola tersebut dapat digunakan untuk menyatakan bahwa seseorang berjalan sangat lambat. Apakah gabuters berjalan selambat kura-kura atau siput?

Hatiku meleleh setiap bertemu dengannya.

Contoh majas perbandingan dalam kalimat di atas adalah “hatiku meleleh” artinya terpesona hingga tak mampu berbuat apa-apa. Ya, namanya juga bertemu dengan kekasih hati idaman, pasti bikin kita membeku atau meleleh. Intinya sama yaitu terpesona.

Adik memiliki cita-cita setinggi langit.

Majas hiperbola adalah “setinggi langit” artinya amat sangat tinggi. Cita-cita atau impian kan emang harus tinggi ya, kalau bisa ya setinggi langit. Soalnya kalau jatuh ya masih di antara bintang-bintang. Apakah gabuters punya cita-cita setinggi langit?

Teriakannya menggema sampai ke ulu hati.

Sampai ke ulu hati adalah kata-kata dilebih-lebihkan untuk mendeskripsikan teriakannya begitu keras. Adakah orang pernah berteriak kepadamu sampai menggema ke ulu hati?

Kasih ibu tak terhingga sepanjang masa.

Contoh majas hiperbola “sepanjang masa” memang benar karena kasih seorang ibu tiada habis dan tak pernah berhenti. Tapi mengingat semua manusia pasti mengalami kematian, ya tentu begitu juga dengan ibu.

Bahagiaku melambung tinggi sampai ke angkasa.

Majas hiperbola pada kalimat di atas adalah “sampai ke angkasa” artinya merasakan kebahagiaan teramat besar. Pembicara sedang mendapatkan sebuah keberuntungan atau berita bahagia sehingga ia merasa sangat senang ketika mengucapkan kalimat tersebut.

Hati hancur remuk-redam mendengar kabar duka itu.

Kosakata hiperbola dalam kalimat tersebut adalah “hancur remuk-redam” artinya amat sangat sedih atau merasakan kesedihan sangat mendalam. Kabar duka tentu akan membuat penerima kabar tersebut menjadi sedih. Itulah maksud majas hiperbola tersebut.

Surat itu butuh waktu ribuan tahun untuk tiba.

Ribuan tahun adalah kata hiperbola artinya terlalu lama atau amat sangat terlambat. Sebuah surat seharusnya bisa sampai dalam beberapa hari, tapi ternyata ditunggu seminggu belum juga sampai.

Badanku membeku saat bertatapan mata dengannya.

Contoh majas hiperbola adalah membeku artinya diam atau tidak dapat bergerak. Ya, kalau bertatapan dengan gebetan atau orang yang ditaksir biasanya bikin jantung berdegup kencang hingga tak bisa bergerak alias membeku.

Suara di konser itu sangat menggelegar membelah bumi.

“Membelah bumi” adalah majas perbandingan dilebih-lebihkan, artinya sangat keras. Namanya juga konser ya tentu saja dihadiri oleh banyak orang. Sangat ramai. Apalagi jika penontonnya sampai ribuan, konser akan menggunakan sistem suara amat sangat keras agar didengar oleh semua penontonnya.

Saya dapat mencium wangi makanan dari jarak satu mil.

Kalau orang suka makan pasti ngerti banget nih. Majas hiperbola dalam kalimat di atas adalah “jarak satu mil” artinya dari jarak amat sangat jauh. Apakah kamu bisa mencium wangi makanan dengan jarak jauh, gabuters?

Melihat senyumnya setiap hari akan membuatku diabetes.

Contoh majas hiperbola adalah diabetes artinya penyakit kadar gula tinggi akibat kebanyakan makan manis-manis. Nah, kalimat tersebut mengisyaratkan bahwa senyumnya manis sehingga jika dilihat tiap hari bisa bikin diabetes. So sweet banget ya!

Pidato kepala sekolah tidak pernah berakhir.

Ya, namanya juga pidato Kepala Sekolah pasti panjang dan lama. Itulah arti dari kosakata hiperbola di atas. Biasanya pidato Kepsek disampaikan saat upacara hari Senin. Duh, jadi kangen sekolah lagi ya gabuters!

Ini adalah hari terburuk sepanjang hidupku!

Apakah kamu mengalami hal menyedihkan atau masalah besar? Contoh majas hiperbola biasanya digunakan untuk mendeskripsikan hari terburuk dialami. Ada berbagai masalah menimpanya hari itu sehingga menjadi hari terburuk. Jangan sering-sering mengatakan hari terburuk ya gabuters, agar nggak selalu mendapatkan hari terburuk.

Saya akan mati kelaparan jika menunggu malam tiba.

Mati kelaparan adalah contoh hiperbola artinya mati karena lapar. Tapi kalimat tersebut biasanya digunakan untuk menekankan bahwa pembicara nggak bisa menunggu sampai malam dan ia harus segera makan. Ia tak bisa menahan lapar sampai malam.

Contoh Majas Hiperbola Singkat

Kulitmu selembut sutra.

Majas hiperbola dalam kalimat di atas adalah “selembut sutra” artinya sangat halus. Gunakan majas perbandingan ini untuk memuji seseorang dengan kulit halus ya. Bisa juga ditambahkan, saking halusnya nyamuk pun sampai terpeleset.

Saya sekarat karena malu.

Contoh hiperbola adalah “sekarat” artinya lemas karena tak kuat menanggung malu. Secara harfiah sekarat artinya sakit keras hampir menuju kematian.

Seluruh dunia menatapku.

Contoh hiperbola adalah “seluruh dunia” artinya semua orang di sekitar. Ya, nggak berarti semua orang di dunia berjumlah milyaran. Pembicara mengucapkan ini biasanya merasa gugup saat berbicara di depan umum sehingga merasa seluruh dunia menatapnya.

Dia adalah belahan jiwaku.

Belahan jiwa adalah contoh majas perbandingan melebih-lebihkan, artinya orang paling disayangi. Dalam bahasa Inggris disebut juga soulmate. Apakah gabuters sudah punya orang terkasih menjadi belahan jiwa?

Dia tidur seperti batu.

Batu adalah majas hiperbola artinya sangat lelap alias nggak bergerak sedikitpun. Orang tidur seperti batu biasanya susah dibangunkan. Bahkan ada gempapun ia tak akan bangun kecuali dibangunkan berkali-kali. Apakah ada temanmu tidur seperti batu, gabuters?

Semangatnya membakar rasa lelah.

Membakar adalah contoh kosakata hiperbola artinya menghanguskan, menghilangkan, melenyapkan. Kalimat di atas berarti rasa lelah telah hilang karena ia bersemangat. Saat seseorang bersemangat, ia tak akan merasakan lelah lagi. Jadi, kalau saat ini lagi lelah, tetap bersemangat ya gabuters!

Sinar matahari membakar kulitku.

Membakar adalah contoh kosakata hiperbola artinya membuat kulit menjadi lebih gelap. Bukan beneran kulitnya terbakar hingga melepuh ya. Kadang hanya merasakan panas sedikit saja, orang sudah menggunakan majas hiperbola untuk mendeskripsikan betapa teriknya panas matahari saat itu.

Paket buku datang secepat kilat.

Contoh majas hiperbola adalah secepat kilat artinya sangat cepat. Penerima paket buku nggak menyangka bahwa bukunya akan sampai hari itu juga. Mungkin ia baru memesannya kemarin dan hari ini sudah sampai. Padahal toko bukunya ada di luar kota. Benar-benar secepat kilat ya.

Kutunggu dia sampai ke liang lahat.

Wow, kata-kata “liang lahat” benar-benar hiperbola sih, artinya sampai mati. Ya, kalau sudah cinta pasti doi akan ditunggu sampai mati. Orang jatuh cinta biasanya berjuta-juta rasanya dan selalu melebih-lebihkan sesuatu seperti contoh kalimat menggunakan majas hiperbola di atas.

Kakakku tahu segalanya tentang motor.

Kata “segalanya” adalah contoh majas hiperbola. Segalanya tentang motor artinya semua hal atau segala sesuatu tentang motor. Padahal kan nggak semua orang bisa tahu segalanya. Pasti ada hal yang nggak diketahui oleh si kakak. Tapi adiknya terlanjur mengagumi sang kakak sehingga berkata demikian.

Cintanya padamu melebihi luas samudra.

Ada yang tahu seberapa luas samudra? Luas banget ya. Nah, contoh majas perbandingan melebih-lebihkan adalah melebihi luas samudra artinya cintanya besar banget. Tak terhingga lah pokoknya.

Aku tidak bisa hidup tanpamu.

Contoh majas perbandingan ini dapat disampaikan kepada pasangan, pacar, atau kekasih hati ya gabuters. Tapi kesannya memang melebih-lebihkan. Namanya juga cinta, ya wajar dilebih-lebihkan.

Badanmu kurus seperti tusuk gigi.

Aku pernah diejek tusuk gigi sewaktu masih kecil. Memang waktu itu badanku sangat kurus bahkan ada mengejekku katik artinya lidi, ya lidi kan kecil panjang tuh. Emang termasuk body shamming sih ini. Tapi dulu aku nggak begitu gubris sih dibilang tusuk gigi. Terpenting aku selalu juara lho. Cihuy!

Otaknya hanya seukuran biji kurma.

Contoh kalimat hiperbola singkat ini dapat ditujukan kepada orang tidak paham akan sesuatu meski sudah dijelaskan berkali-kali. Gunakan majas perbandingan ini untuk orang terdekat ya sebagai bahan lucu atau candaan. Jangan diucapkan untuk orang baru dikenal ya, gabuters!

***

Setelah membaca banyak contoh majas di atas, apakah kamu bisa membuat contoh majas hiperbola? Majas perbandingan ini memang paling sering digunakan dalam percakapan sehari-hari.

Akhir kata, salam gabut!

Leave a Comment