Cara Agar Cepat Tidur Nyenyak di Malam Hari

gabutan.com – Cara Agar Cepat Tidur ampuh banget diterapkan bagi penderita insomnia. Bagi kamu yang mengalami kesulitan saat tidur, lakukan 12 tips untuk meningkatkan kualitas tidur agar lebih nyenyak.

Tidur adalah salah satu kebutuhan dasar yang menjadi kegiatan rutin pada malam hari. Walaupun nggak semua orang tidur pada malam hari, tapi paling tidak kita semua membutuhkan tidur minimal 7 sampai 8 jam dalam sehari. Kurang tidur dapat berpengaruh pada kesehatan tubuh.

Nggak semua orang bisa cepat mengantuk kemudian tidur lelap. Banyak orang mengalami kesulitan tidur. Gimana cara agar cepat tidur? Artikel ini akan membahasnya secara tuntas agar cepat tidur dengan berbagai cara.

Yuk simak 12 tips ampuh agar cepat tidur serta cara meningkatkan kualitas tidur agar lebih nyenyak.

1. Membuat Jadwal Tidur dan Ikuti Jadwal Tersebut

Cara agar cepat tertidur pertama adalah membuat jadwal tidur lalu ikuti jadwal tersebut. Kamu perlu disiplin dalam menerapkan jadwal ini. Cara ini membuatmu terbiasa tidur dan bangun pada jam yang sama.

Jam berapa gabuters biasanya tidur? Jam berapa bangun? Saat membuat jadwal ini, usahakan supaya total jam tidur sebanyak 7 sampai 8 jam sehari ya. Misalnya nih kamu mulai tidur jam 9 malam, maka usahakan untuk bangun jam 5 pagi. Cara ini ampuh mengatasi masalah sulit tidur lho.

Jika sudah membuat jadwal, disiplinlah dalam nenerapkannya. Lakukan paling tidak selama 21 hari alias 3 minggu tanpa skip seharipun ya. Dengan begitu kebiasaan baik akan terbentuk deh.

2. Cara Agar Cepat Tidur yaitu Mengatur Pola Makan

Nggak hanya mengatur jam tidur, cara agar cepat tertidur juga ditentukan dari pola makan. Iya, menerapkan pola makan sehat dengan gizi seimbang dapat meningkatkan kualitas tidur menjadi lebih baik.

Beberapa jenis makanan dan nutrisi yang baik untuk mengatasi kesulitan tidur adalah makanan yang kaya akan triptofan, seperti kalkun, keju, serta ikan. Ada juga makanan kaya akan melatonin, seperti buah ceri, tomat, & kacang kenari. Selain itu, buah-buahan, sayuran serta gandum utuh dapat membantumu agar cepat tidur.

3. Tidak Mengkonsumsi Makanan Berlemak Sebelum Tidur

Kamu suka makan berlemak sebelum tidur? Jika iya dan mengalami kesulitan tidur, berarti harus kurangi konsumsi makanan berlemak ya gabuters. Gorengan emang enak banget ya dimakan malam-malam. Tapi usahakan nggak makan berlebihan sebelum tidur ya.

Mengkonsumsi makanan berlemak tinggi sebelum tidur akan membuat tubuh bekerja ekstra untuk memecah lemah tersebut. Karena kerja ekstra ini, maka tubuh tidak bisa rileks sehingga nggak bisa tidur cepat. Jadi, hindari makan makanan berlemak sebelum tidur ya gabuters.

4. Tidak Mengkonsumsi Kafein atau Alkohol Sebelum Tidur

Kamu suka minum kafein atau alkohol sebelum tidur? Mulai sekarang kurangi deh agar bisa tidur dengan cepat. Kafein ditemukan dalam berbagai jenis minuman seperti kopi, teh, serta minuman berenergi.

Efek kafein ya tentu saja bikin melek alias nggak ngantuk. Banyak orang mengkonsumsinya di pagi atau siang hari agar nggak ngantuk saat bekerja. Tapi ya jangan diminum saat menjelang tidur ya. Jadi, cara agar cepat tidur adalah tidak mengkonsumsi kafein dan alkohol.

5. Makan Menu Main Course 4 Jam Sebelum Tidur

Jam berapa kamu biasanya makan malam alias dinner? Usahakan supaya makan menu main course alias makanan berat itu kurang lebih 4 jam sebelum tidur ya. Misalnya nih ya tidur jam 10 malam ya berarti makan malamnya jangan sampai lewat dari jam 6 sore ya.

Apa itu makanan berat alias Main Course? Ya makanan seperti nasi, lauk yaitu daging-dagingan serta kacang-kacangan. Jadi, usahakan kamu mengatur pola makan supaya dapat meningkatan kualitas tidur. Nah itulah tips atau cara agar cepat tertidur.

6. Cara Agar Cepat Tidur yaitu Matikan Semua Gadget dan Peralatan Elektronik

Cara agar cepat tidur berikutnya yaitu mematikan semua gadget serta alat-alat elektronik, seperti smartphone atau handphone, tablet, TV, laptop atau komputer. Matikan semua peralatan elektronik itu kurang lebih 1 jam sebelum tidur.

Banyak orang bermain smartphone sebelum tidur sampai mereka mengantuk. Padahal kebiasaan ini nggak baik terutama untuk kesehatan mata.

Jika terbangun tengah malam, sebaiknya hindari menyalakan handphone ya gabuters. Mengapa demikian? Karena sinar biru yang dipancarkan dari smartphone dapat menurunkan produksi hormon melatonin, sehingga membuatmu susah tidur.

7. Cara Agar Cepat Tidur dengan Mandi Air Hangat

Selain mematikan gadget serta alat eletronik, cara agar cepat tertidur berikutnya adalah mandi air hangat. Tentu gabuters pernah dong mandi pada malam hari menggunakan air hangat. Gimana perasaanmu setelah mandi menggunakan air hangat?

Mandi air hangat dipercaya dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks. Tubuh yang rileks akan membantumu agar tidur lebih cepat serta lebih nyenyak. Jadi, apakah gabuters mandi dengan air hangat malam ini?

8. Cara Agar Cepat Tidur dengan Menggunakan Aroma yang Menenangkan Pikiran

Menghirup wangi yang enak serta menyegarkan bisanya dapat membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks. Jika mengalami kesulitan tidur, mungkin kamu bisa menerapkan cara ini agar cepat tidur.

Gunakan diffuser untuk memenuhi ruangan dengan aroma yang kamu inginkan. Ya, diffuser adalah alat yang digunakan untuk menyegarkan aroma ruangan dengan mengisi minyak esensial sebagai aromaterapi. Aroma ruangan yang enak dan segar dapat meningkatkan kualitas tidur menjadi lebih nyenyak.

9. Cara Agar Cepat Tidur yaitu Mendengarkan Musik Instrumen Tempo Lambat

Kamu suka mendengarkan musik? Nah, ini juga bisa menjadi cara supaya cepat tidur. Musik bisa menjadi salah satu cara ampuh agar cepat mengantuk kemudian tertidur.

Pilihlah musik beritme lembut ya. Misalnya musik instrumen piano atau gitar saja tanpa ada lagu dari penyanyinya. Selain itu, musik deburan ombak bisa cepat mengantarkanmu ke alam mimpi. Putar musik dengan volume kecil atau sedang ya agar terdengar sayup-sayup saja.

10. Cara Agar Cepat Tidur yaitu dengan Memadamkan Lampu di Kamar Tidur

Apakah gabuters biasanya tidur dengan lampu menyala atau lampu padam? Dulu aku nggak bisa tidur jika lampu di kamar padam. Tapi sekarang tidur jadi lebih nyenyak dalam gelap.

Yap, tidur dengan lampu temaram atau lampu dimatikan dapat meningkatkan kualitas tidurmu lho gabuters. Lampu terang benderang membuat banyak orang mengalami kesulitan tidur. Jadi, cobalah mematikan lampu sejam atau setengah jam sebelum tidur ya. Intulah salah satu cara agar cepat tertidur.

11. Cara Agar Cepat Tertidur yaitu Rajin Berolahraga

Cara agar cepat tertidur berikutnya adalah rutin berolahraga. Cara ini terbukti ampuh bikin mengantuk lebih cepat dari biasanya. Setelah berolahraga sore hari, kualitas tidur pada malam hari akan terasa lebih meningkat lho.

Selain bikin tubuh jadi semakin sehat dan bugar, berolahraga juga bermanfaat untuk meningkatkan kualitas tidur agar lebih lelap. Tapi jangan berolahraga menjelang tidur ya gabuters. Itu malah nggak bagus buat kesehatan tubuh. Berolahragalah pada pagi atau sore hari. Lakukan secara rutin misalnya dua atau tiga kali seminggu.

12. Cara Agar Cepat Tidur dengan Melakukan Latihan Pernapasan atau Melakukan Yoga

Cara agar cepat tertidur selanjutnya adalah melakukan latihan pernapasan. Apakah gabuters pernah mendengar teknik pernapasan 4-7-8? Teknik pernapasan ini dapat membantu tubuh menjadi lebih rileks sehingga lebih cepat mengantuk lalu tidur.

Ketika sudah berbaring di tempat tidur, tarik napas melalui hidung selama empat hitungan, kemudian tahan napas selama tujuh hitungan, selanjutnya buang napas pelan-pelan melalui mulut selama delapan hitungan. Teknik ini dikenal dengan sebutan 4-7-8. Ulangi pola 4-7-8 ini sebanyak empat kali sampai mengantuh kemudian tertidur pulas.

Selain melakukan teknik pernapasan, kamu juga dapat melakukan yoga. Lakukan gerakan yoga sederhana agar dapat mengatur pernapasan dengan baik. Ya, tujuan melakukan yoga memang untuk membuat tubuh menjadi rileks sehingga bisa mengantuk dan tiru lebih cepat.

***

Itulah 12 Cara agar cepat tidur ampuh banget diterapkan bagi gabuters mengalami sulit tidur. Penderita insomnia juga dapat melakukan tips ini agar cepat mengantuk dan tidur jadi lebih nyenyak serta berkualitas.

Akhir kata, salam gabut!

Leave a Comment